Jawab : Definisi CSR (Corporate Social Responsibility)
adalah suatu tindakan atau konsep yang dilakukan oleh perusahaan
(sesuai kemampuan perusahaan tersebut) sebagai bentuk tanggungjawab
mereka terhadap sosial/lingkungan sekitar dimana perusahaan itu berada.
Contoh bentuk tanggungjawab itu bermacam-macam, mulai dari melakukan
kegiatan yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan
lingkungan, pemberian beasiswa untuk anak tidak mampu, pemberian dana
untuk pemeliharaan fasilitas umum, sumbangan untuk desa/fasilitas
masyarakat yang bersifat sosial dan berguna untuk masyarakat banyak,
khususnya masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut berada. Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan fenomena strategi perusahaan yang mengakomodasi kebutuhan dan kepentingan stakeholder-nya. CSR timbul sejak era dimana kesadaran akan sustainability perusahaan jangka panjang adalah lebih penting daripada sekedar profitability.
2. Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai prinsip corporate social responbility (CSR) !
Jawab : Pertanggungan-jawab ( responsibility)
Prinsip ini menuntut perusahaan maupun pimpinan dan manajer perusahaan melakukan kegiatannya secara bertanggung jawab. Sebagai pengelola perusahaan hendaknya dihindari segala biaya transaksi yang berpotensi merugikan pihak ketiga maupun pihak lain di luar ketentuan yang telah disepakati, seperti tersirat pada undang-undang, regulasi, kontrak maupun pedoman operasional bisnis perusahaan.
3. Jelaskan menurut pemahaman kalian mengenai corporate social responsibility (CSR) bagi perusahaan !
Jawab : Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR) :
4. Gambarkan dan jelaskan hubungan antara CSR dan pengembangan masyarakat !
Jawab : Bagi masyarakat keberadaan perusahaan bermanfaat untuk masyarakat sekitar melalui program pemberdayaan masyarakat sehingga terbebas dari kemiskinan. Sementara dari sisi perusahaan, jelas agar operasional berjalan lancar tanpa gangguan untuk menjamin keberlangsungan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Jika hubungan antara perusahaan dan masyarakat tidak harmonis, bisa dipastikan ada masalah. Memang dalam pelaksanaanya program CSR belum sepenuhnya diterima oleh masyarakat karena masih minimnya perhatian perusahaan terhadap pelaksanaan CSR.
5. Sebutkan dan jelaskan indikator keberhasilan Corporate Social Responsibility (CSR) dan model penerapan di indonesia !
Jawab : Terdapat banyak referensi untuk mengembangkan indikator kinerja CSR guna mengukur prestasi organisasi dalam melakukan CSR. Indikator dapat dikembangkan misalnya dari pedoman tanggung jawab sosial untuk seluruh jenis organisasi, ISO 26000. Sementara itu, indikator keberhasilan individu pelaksana CSR harus dimasukkan dalam Key Performance Indikator (KPI) atau Key Indicator of Success (KIS) perorangan. Dalam ISO 26000, setiap subjek inti (core subject) mempunyai beberapa isu yang diharapkan dilaksanakan oleh perusahaan melalui kegiatan tanggung jawab sosialnya. Untuk mengukur keberhasilan institusi, skor atas pemenuhan setiap isu dalam ISO 26000 dapat diberikan, yang tercakup dalam setiap core subject (subjek utama)-nya. Misalnya, skor 3,2, dan 1. Jika isu sangat lengkap maka dapat diberi skor 3, bila cukup lengkap 2, dan jika kurang lengkap diberi nilai 1.
6. Jelaskan apa yang kalian ketahui hubungan CSR dengan konsep pembangunan ekonomi berkelanjutan !
7. Gambarkan tabel motivasi tanggung jawab sosial perusahaan, dan jelaskan !
8. Jelaskan apa yang kalian ketahui mengenai ISO dan SNI.
Jawab : a. ISO : Organisasi Standar Internasional (ISO) adalah suatu asosiasi global yang terdiri dari badan-badan standardisasi nasional yang beranggotakan tidak kurang dari 140 negara. ISO merupakan suatu organisasi di luar pemerintahan (Non-Government Organization/NGO) yang berdiri sejak tahun 1947. Misi dari ISO adalah untuk mendukung pengembangan standardisasi dan kegiatan-kegiatan terkait lainnya dengan harapan untuk membantu perdagangan internasional, dan juga untuk membantu pengembangan kerjasama secara global di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kegiatan ekonomi. Kegiatan pokok ISO adalah menghasilkan kesepakatan-kesepakatan internasional yang kemudian dipublikasikan sebagai standar internasional..
SUMBER / REFRENSI :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/corporate-social-responsibility-csr.html
http://redarevenge.blogspot.com/2010/11/hubungan-antara-csr-corporate-social.html
http://intan-kelian93.mhs.narotama.ac.id/2012/11/28/tugas-etika-bisnis/
2. Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai prinsip corporate social responbility (CSR) !
Jawab : Pertanggungan-jawab ( responsibility)
Prinsip ini menuntut perusahaan maupun pimpinan dan manajer perusahaan melakukan kegiatannya secara bertanggung jawab. Sebagai pengelola perusahaan hendaknya dihindari segala biaya transaksi yang berpotensi merugikan pihak ketiga maupun pihak lain di luar ketentuan yang telah disepakati, seperti tersirat pada undang-undang, regulasi, kontrak maupun pedoman operasional bisnis perusahaan.
- Prinsip Responsibility mempunyai hubungan yang paling dekat dengan CSR. Prinsip ini memberikan penekanan yang lebih terhadap stakeholders perusahaan (stakeholders-driven concept).
- Prinsip yang lain lebih fokus ke shareholders-driven concept.
3. Jelaskan menurut pemahaman kalian mengenai corporate social responsibility (CSR) bagi perusahaan !
Jawab : Pengertian Corporate Social Responsibility (CSR) :
Berdasar
pada Trinidad and Tobaco Bureau of Standards (TTBS), Corporate Social Responsibility diartikan sebagai komitmen usaha
untuk bertindak etis, beroperasi secara legal dan berkontribusi untuk
peningkatan ekonomi bersamaan dengan peningkatan kualitas hidup dari karyawan
dan keluarganya, komuniti lokal dan masyarakat secara lebih luas
(Budimanta,Prasetijo & Rudito, 2004, p.72).
World
Business Council for Sustainable Development mendefiniskan Corporate Social Responsibility sebagai komitmen berkelanjutan
kalangan bisnis untuk berperilaku etis dan memberikan sumbangan pada
pembangunan ekonomi sekaligus memperbaiki mutu hidup angkatan kerja dan
keluarganya serta komunitas lokal dan masyarakat secara keseluruhan (Iriantara,
2004, p.49).
CSR
Forum mendefinikan Corporate Social
Responsibility sebagai bisnis yang dilakukan secara transparan dan terbuka
serta berdasarkan pada nilai-nilai moral dan menjunjung tinggi rasa hormat
kepada karyawan, komunitas dan lingkungan (Wibisono, 2007, p.8).
Jadi,
dapat kita simpulkan bahwa Corporate
Social Responsibility adalah komitmen perusahaan untuk memberikan
kontribusi jangka panjang terhadap satu issue tertentu di masyarakat atau
lingkungan untuk dapat menciptakan lingkungan yang lebih baik. Kontribusi dari
perusahaan ini bisa berupa banyak hal, misalnya : bantuan dana, bantuan tenaga
ahli dari perusahaan, bantuan berupa barang, dll.
4. Gambarkan dan jelaskan hubungan antara CSR dan pengembangan masyarakat !
Jawab : Bagi masyarakat keberadaan perusahaan bermanfaat untuk masyarakat sekitar melalui program pemberdayaan masyarakat sehingga terbebas dari kemiskinan. Sementara dari sisi perusahaan, jelas agar operasional berjalan lancar tanpa gangguan untuk menjamin keberlangsungan bisnis perusahaan dalam jangka panjang. Jika hubungan antara perusahaan dan masyarakat tidak harmonis, bisa dipastikan ada masalah. Memang dalam pelaksanaanya program CSR belum sepenuhnya diterima oleh masyarakat karena masih minimnya perhatian perusahaan terhadap pelaksanaan CSR.
5. Sebutkan dan jelaskan indikator keberhasilan Corporate Social Responsibility (CSR) dan model penerapan di indonesia !
Jawab : Terdapat banyak referensi untuk mengembangkan indikator kinerja CSR guna mengukur prestasi organisasi dalam melakukan CSR. Indikator dapat dikembangkan misalnya dari pedoman tanggung jawab sosial untuk seluruh jenis organisasi, ISO 26000. Sementara itu, indikator keberhasilan individu pelaksana CSR harus dimasukkan dalam Key Performance Indikator (KPI) atau Key Indicator of Success (KIS) perorangan. Dalam ISO 26000, setiap subjek inti (core subject) mempunyai beberapa isu yang diharapkan dilaksanakan oleh perusahaan melalui kegiatan tanggung jawab sosialnya. Untuk mengukur keberhasilan institusi, skor atas pemenuhan setiap isu dalam ISO 26000 dapat diberikan, yang tercakup dalam setiap core subject (subjek utama)-nya. Misalnya, skor 3,2, dan 1. Jika isu sangat lengkap maka dapat diberi skor 3, bila cukup lengkap 2, dan jika kurang lengkap diberi nilai 1.
“Radyati-KIS” Penulis telah
membuat suatu alat untuk mendesain CSR. Alat ini dapat digunakan untuk mengukur
keberhasilan kinerja CSR, baik dalam ruang lingkup perusahaan maupun ruang
lingkup individu, yang disebut dengan “Radyati–KIS (Key Indicator of Success)”.
Alat ini membagi aspek keberlanjutan yang merupakan ruang lingkup CSR,
berdasarkan kriteria yang dikembangkan oleh Alan Atkisson, yakni Compass (Kompas).
Aspek Kompas terdiri dari empat penjuru serupa penjuru mata angin, yakni Utara
(N= North), Selatan (S=South), Timur (E=East), dan Barat (W=West).
Alan Atkisson memodifikasi Kompas ini sehingga mudah kita ingat, menjadi N = Nature
(Lingkungan Hidup); S = Society (Masyarakat); E = Economy; dan W
= Wellbeing (Kebahagiaan/Kesejahteraan Individu).
6. Jelaskan apa yang kalian ketahui hubungan CSR dengan konsep pembangunan ekonomi berkelanjutan !
Jawab : Pelaksanaan CSR dapat bermanfaat bagi perusahaan, yaitu dengan
penciptaan citra perusahaan yang khas, baik, dan etis di mata publik
sehingga dapat meningkatkan loyalty (brand differentiation(, tumbuhnya
rasa kebangga (sense of prede) dan segenap karayawan perusahaan
tersebut, mendorong kemudahan memperoleh ijin dan pemerintah dan publik
atas pelaksanaan bisnis perusahaan karena telah dianggap memenuhi
standar oprasional dan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat
luas, mengelola resiko-resiko terciptanya hubungan yang lebih erat
antara masyarakat dan perusahaan membantu pemerintah dalam menjalankan
misi sosial yang telah direncanakan pemerintah, terciptanya
kesinambungan usaha (business sustainabillity). Dimana perusahaan
melibatkan stakeholder sebagai bagian dan proses bisnisnya.
7. Gambarkan tabel motivasi tanggung jawab sosial perusahaan, dan jelaskan !
Jawab :
- corporate charity : dorongan amal berdasarkan motivasi keagamaan
- corporate philantrophy : dorongan kemanusiaan yang bersumber dari norma dan etika universal untuk menolong sesama dan memperjuangkan pemerataan sosial
- corporate citizenship : yaitu dorongan kewargaan dembi mewujudkan keadilan sosial berdasarkan prinsip keterlibatan sosial.
8. Jelaskan apa yang kalian ketahui mengenai ISO dan SNI.
Jawab : a. ISO : Organisasi Standar Internasional (ISO) adalah suatu asosiasi global yang terdiri dari badan-badan standardisasi nasional yang beranggotakan tidak kurang dari 140 negara. ISO merupakan suatu organisasi di luar pemerintahan (Non-Government Organization/NGO) yang berdiri sejak tahun 1947. Misi dari ISO adalah untuk mendukung pengembangan standardisasi dan kegiatan-kegiatan terkait lainnya dengan harapan untuk membantu perdagangan internasional, dan juga untuk membantu pengembangan kerjasama secara global di bidang ilmu pengetahuan, teknologi dan kegiatan ekonomi. Kegiatan pokok ISO adalah menghasilkan kesepakatan-kesepakatan internasional yang kemudian dipublikasikan sebagai standar internasional..
o b. SNI :
SNI adalah Standar Nasional Indonesia, merupakan suatu
dokumen yg berisikan ketentuan teknis, pedoman dan karakteristik kegiatan dan
produk yang berlaku secara Nasional untuk membentuk keteraturan yang optimum
dalam konteks keperluan tertentu.
Standar adalah
spesifikasi teknis atau sesuatu yang dibakukan termasuk tatacara dan metode
yang disusun berdasarkan konsensus semua pihak yang terkait dengan
memperhatikan syarat-syarat keselamatan, keamanan, kesehatan, lingkungan hidup,
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pengalaman, perkembangan masa
kini dan masa yang akan datang untuk memperoleh manfaat yang sebesar-besarnya.SUMBER / REFRENSI :
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/07/corporate-social-responsibility-csr.html
http://redarevenge.blogspot.com/2010/11/hubungan-antara-csr-corporate-social.html
http://intan-kelian93.mhs.narotama.ac.id/2012/11/28/tugas-etika-bisnis/
SYIFA NURJUANITA
16210802
4EA19
ETIKA BISNIS#
DOSEN : IMMI FISKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar